Lelah? Menyenangkan???

Jum’at, 9 March 2012

Hufhh hari ini cukup melelahkan tapi banyak hal yang aku peroleh di hari ini. Sepertinya hari jum’at akan menjadi hari yang menyenangkan meski melelahkan. Dosen ku yang hebat, banyak memberikan motivasi meski tidak secara langsung.

Hari ini Pak Nadra berkata, bahwa beliau mengajarkan statistik, agar kelak Mahasiswa bimbingannya mudah untuk membuat sebuah penelitian skripsi. Jadi beliau menekankan bahwa statistik itu sangat penting untuk dipelajari seorang mahasiswa, apalagi statistic sangat dibutuhkan untuk membuat laporan penelitian skripsi nanti. Skripsi bukan hanya ramai dengan rangkaian kata-kata membentuk bait-bait paragraf, tapi dalam sebuah skripsi harus ada sebuah data yang disajikan dalam bentuk table, diagram ataupun chart lainnya.

Hari ini kita harus mengulang materi pelajaran di semester 3, yaitu statistik1. Sekedar untuk mengingatkan dan memperjelas. Statistik 2, sepertinya akan menjadi mata kuliah yang begitu dahsyat.

Oya, hari ini selain di kelas aku juga akan bertemu dengan Pak Nadra di kajian perdana Ekonomi Islam. Beliau akan menjadi pemateri di kajian itu. wah tema yang diangkat untuk kajian hari ini cukup menarik.

Jurnal???? Penelitian???? Aku masih penasaran, sebenarnya jurnal itu apa? akhirnya aku iseng untuk mencari tahu tentang jurnal. Aku pun menemukan sebuah web yang berbicara tentang jurnal. Jurnal adalah terbitan berkala yang berbentuk pamflet berseri berisi bahan yang sangat diminati orang saat diterbitkan. Dan ada tiga jenis jurnal, yaitu jurnal ilmiah, jurnal akuntansi dan jurnal khusus.

Tapi tentu yang dibicarakan Pak Nadra hari ini mengenai jurnal ilmiah. Jurnal ilmiah merupakan salah satu jenis jurnal akademik di mana penulis mempublikasikan artikel ilmiah. Untuk memastikan kualitas ilmiah pada artikel yang diterbitkan, suatu artikel biasa diteliti oleh rekan-rekan sejawatnya dan direvisi oleh penulis, hal ini dikenal sebagai peer review (ulasan sejawat).

Terdapat berbagai jurnal ilmiah yang mencakup semua bidang ilmu, juga ilmu sosial dan humaniora. Penerbitan dalam bentuk artikel ilmiah biasanya lebih penting untuk bidang ilmu pengetahuan alam maupun kedokteran dibandingkan dengan bidang akademik lain.

 Sampai Januari 2012 tercatat lebih dari 7.000 jurnal ilmiah yang diterbitkan dan kurang dari 4.000 jurnal yang secara kontinyu mengirimkan terbitannnya ke PDII-LIPI. Jurnal yang saat ini dapat diakses yaitu 5.400 jurnal baik dari Perguruan Tinggi maupun Lembaga Penelitian dengan lebih dari 80.000 artikel dan 38.000 dapat diakses secara lengkap.

Kira-kira aku bisa tidak yah menjadi seorang peneliti? Semoga saja bisa, karena tidak ada yang tidak mungkin jika kita memiliki kemauan dan ada usaha yang dilakukan.

Dalam kajian itu juga Pak Nadra mengatakan bahwa menjadi seorang peneliti itu tidaklah mudah, dibutuhkan sebuah kesungguhan dan membutuhkan dana yang tidaklah sedikit.

Satu pesan yang disampaikan Pak Nadra pada kami sebagai seorang mahasiswa, “Ilmu itu begitu indah.” Memang benar, ilmu itu begitu indah. Dengan ilmu kita akan bersikap lebih bijak ketika mengurai sebuah persoalan hidup.

Kunci mendapatkan ilmu yang banyak adalah banyak membaca, bukankah membaca buku dan menemukan banyak ilmu didalamnya itu begitu menyenangkan. Lihatlah, banyak sekali buku-buku yang dapat kita baca dan kita jadikan sumber ilmu, tidak harus membeli karena kita dapat meminjamnya di perpustakaan kampus. Tapi sayang, tidak banyak Mahasiswa yang menyadarinya, datang ke kampus paling-paling banyak nongkrongnya, ketimbang mencari ilmu di perpustakaan.

Rasulullah SAW pernah bersabda, “Menuntut ilmu itu diwajibkan kepada Muslim dan muslimah, bahkan semenjak lahir sampai ke liang lahat.”

Hayoo, mulai dari sekarang kita harus bisa belajar untuk mencintai ilmu pengetahuan. Menjadi orang pintar itu tidak rugi loh. Menjadi orang pintar akan menjadi orang yang bermanfaat, apalagi jika mau mempraktikan dan mengamalkannya ketika berinteraksi dengan masyarakat.

Ketika seseorang mencari dan mendapatkan ilmu, itu akan mengantarkannya menjadi manusia sejahtera dunia dan akhirat.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s