Statistik 2

Jum’at, 2 March 2012 09.16 pm

Pagi ini terlihat mendung, sinar hangat mentari bersembunyi di balik awan putih seperti malu ingin terbit menyinari bumi. Tapi hari semakin siang, sinar mentari yang malu-malu pun kini muncul dengan penuh semangat. Tentu, diri ku juga tidak mau kalah semangat donk untuk menjalani hari ini.

Hari ini adalah hari kedua aku masuk kuliah di semester 4. Hari Jum’at. Bukankah hari jum’at adalah hari spesial. Berangkat ke kampus jam 11 siang, aku naik kereta hari ini. seperti biasa, jika hari sudah siang penumpang kereta api pun tidak terlalu banyak, jadi aku memiliki kesempatan untuk duduk.

Sesampai di kampus, ternyata semua gerbang masuk gedung perkuliahan di kunci, aku dan beberapa teman ku yang sudah datang pun tidak dapat masuk. Ya terpaksa kami menunggu di gerbang kecil pesanggrahan. Semakin siang, mahasiswi yang datang semakin banyak, menunggu di depan gerbang membentuk formasi, seperti masa yang mau demo minta penurunan harga barang. Hhhiiihhiiiii……

Sudah hampir setengah jam kami menunggu hingga shalat jum’at selesai, akhirnya pintu gerbang pun dibuka. Hhhaa, antara mahasiswa/i yang ingin masuk ataupun keluar saling berebutan melewati gerbang kecil pesanggrahan tersebut.

Sesampainya di kelas, ternyata masih sepi hanya ada Wilda, Aisyah, Syifa dan Papaw, padahal sudah hampir jam satu.

Mata kuliah hari ini adalah statistik 2, dosen yang mengajar adalah Pak Nadra. Wahh beliau adalah dosen Makro Ekonomi 2 ku di semester tiga. Beliau adalah salah satu dosen yang banyak memberikan motivasi-motivasi untuk kami. Beliau terkenal sebagai dosen yang memiliki ketegasan tingkat tinggi. Semua mahasiswa pasti merasa takut jika tidak masuk kelas beliau ataupun terlambat masuk kelas bahkan tidak ada mahasiswa yang berani untuk mengobrol atau bercanda di saat beliau mengajar atau menjelaskan mata kuliah. Semua mata harus tertuju padanya dan harus memperhatikannya. Tapi dibalik ketegasan beliau, banyak motivasi-motivasi yang beliau berikan kepada kita. Beliau pun banyak bercerita tentang hal yang tidak kita ketahui sama sekali, terutama tentang system perkuliahan di Australia.

Hari ini, beliau akan mengajar statistic 2. Dengan penuh wibawa beliau masuk kelas kami. Anak-anak yang tadinya mengobrol pun menjadi diam. Senyap dan sepi. Karena beliau sudah pernah mengajar di kelas kami, maka tidak ada perkenalan. Tapi sebelum beliau sedikit menyinggung tentang materi perkuliahan, beliau bertanya kepada kami ketika statistik 1 materi apa saja yang sudah di pelajari.

Oya, di awal pelajaran Pak Nadra sempat marah karena melihat seorang mahasiswa cengengesan ketika ditanya beliau. Itulah beliau, tidak suka melihat mahasiswanya tidak serius ketika belajar. Benar-benar tegas.

Cara beliau mengajarkan statistik berbeda dengan dosen statistik pertama ku yaitu Pak Anwar. Pak Nadra sepertinya akan lebih banyak menganalisis data dan menerangkan teori. Tapi mungkin sebelum kita di suguhkan dengan berbagai rumus, tentunya kita harus mengetahui teorinya terlebih dahulu bukan?

Beliau juga berkata bahwa belajar statistik itu sangat penting, apalagi untuk pembuatan skripsi nanti. Oya, statistic itu digunakan oleh seorang ekonom untuk menganalisis sebuah data. Ketika disuguhkan sebuah data, seorang ekonom harus mampu menganalisisnya, kemudian mencari apa permasalahan yang ada pada data tersebut. Jika ada masalah yang serius, seorang ekonom harus mampu memperkirakan apa dampak yang akan terjadi akibat permasalah tersebut dan mencari solusi untuk permasalahn tersebut. Contohnya seperti, kebijakan pemerintah yang akan menaikan harga BBM. Seorang ekonom harus mampu menganalisis dan memperkirakan dampak apa yang akan terjadi jika harga BBM naik, dan apa solusi yang harus dilakukan agar dampaknya tidak berefek negative.

Nah itulah salah satu fungsi dari belajar statistik. Sangat penting bukan bagi seorang ekonom??????

Satu kalimat yang penting untuk diingat, “Seorang ekonom harus mampu menjelaskan fenomena ekonomi dan sensitif terhadap perubahan-perubahan keadaan perekonomian.”

 

One thought on “Statistik 2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s