Dosenku: Inspirasiku, Motivatorku

Kamis, 1 March 2012

Hari ini adalah hari pertama masuk kuliah di semester empat. Huahhh, gak terasa sudah hampir dua tahun aku menjadi seorang mahasiwi .

Gerimis menyambut pagi ini dengan semangat. Tapi, aku tidak masalah hujan turun. Karena aku selalu suka dengan hujan. Tiap tetesnya membawakan kebahagiaan, itu menurut ku.

Udara terasa sedikit dingin. Hujan pun kian deras, tapi semangat ku di pagi ini tidak luntur terbawa hujan.

Dosen pertama yang akan masuk ke kelas ku adalah Pak Djaka. Beliau adalah dosen mata kuliah Ekonomi Pembangunan dan Perekonomian Indonesia dengan jumlah 3 SKS. Kalau mata kuliah yang berbau ekonomi pasti menyenangkan tapi tergantung dosen yang menyampaikannya. Sudah tidak sabar ingin tahu bagaimana cara dosen baru ku ini menjelaskan atau menyampaikan materi kuliah.

Jam tangan sudah menunjukkan jam 09.00 am. Tapi kelas ku belum mendapatkan local yang kosong. Sudah dua kali kita pindah local, gara-gara masuk ke kelas orang lain. Sebenarnya EPPI itu hari Senin jam terakhir sekitar jam 15.45-17.30 tapi karena dosen ku ini masih kuliah melanjutkan program S3 nya di UNPAD, dan pada hari itu bertepatan dengan hari kuliah beliau, maka beliau tidak dapat mengajar pada hari itu.

Setelah mencari akhirnya kami mendapatkan local yang kosong. Setelah semua mandapatkan kursi atau tempat duduk, tak lama kemudian Pak Djaka masuk ke dalam kelas. Senyum ramah itu hal pertama yang aku lihat dari beliau.

Seperti sebelum-sebelumnya, hari pertama masuk kuliah adalah perkenalan. Beliau pun memperkenalkan diri beliau dari mulai pendidikan beliau dari SD-SMP/MTs-SMA/MA-Perguruan Tinggi. Huah ternyata beliau adalah alumni IAIN Jakarta (Nama UIN Jakarta dahulunya) Fakultas Syariah konsentrasi Mu’amalah/Ekonomi Islam.

Huahhh, ternyata dosen baru ku ini adalah seorang motivator dan inspirator hebat. Inspirator dan motivator untuk mahasiswa/i. Cara beliau menjelaskan dan menyampaikan materi, unik dan menarik. sepertinya belajar ekonomi dengan beliau akan menyenangkan.

Beliau juga banyak cerita tentang diri beliau. Oya, ada hal menarik dan baru pertama kali aku mendengarnya. Beliau adalah siswa SD yang pintar. Selalu mendapatkan peringkat 1 ataupun 2 di kelasnya. Dan ketika beliau kelas 5 atau 6 gitu, beliau mendaptkan peringkat 1,5. Huah, mana ada yah peringkat 1,5. Tapi kata beliau itu benar dia dapatkan. Hiii semua teman-teman sekelas ku pun tertawa mendengarnya.

“Hidup itu akan indah jika dapat memberikan banyak manfaat untuk orang lain.” Itulah makna kehidupan yang dapat aku pelajari dari beliau. Hidup itu tidak bisa sendiri, menjadi orang sukses itu bukan keberhasilan diri sendiri tapi juga karena orang lain. Dan jika kita mampu memberikan manfaat bagi orang disekitar kita, barulah kita dapat merasakan indahnya hidup dan indahnya berbagi.

Oya berkata tentang kuliah beliau sedikit menyinggung tentang nilai. Bagi seorang mahasiswa mendapatkan nilai bagus bertanda dia adalah seorang mahasiswa yang pintar. Mungkin iya mungkin juga belum tentu. Nilai yang bagus memang penting tapi yang lebih penting adalah pemahaman kita terhadap setiap mata kuliah yang dipelajari, bukankah seperti itu?. mahasiswa yang mengejar nilai bagus belum tentu dia paham atau mengerti dengan pelajaran tersebut, tapi bagi mahasiswa yang mengerti dan paham maka nilai bagus sudah tentu dia dapatkan.

Teman, satu hal yang dapat menentukan diri mu dimasa mendatang adalah dirimu sekarang ini. Harapan, mimpi dan keyakinan. Proses untuk mencapai sebuah keberhasilan tidak lah mudah, sekarang kita belajar menjadi mahasiswa yang cerdas dan pandai, malakukan proses pembelajaran dengan sebaik-baiknya dan tentunya meninggalkan hal buruk. Hilangkan budaya mencontek, itulah intinya. Memang mau nantinya jadi seorang sarjana yang memiliki nilai tinggi tapi tidak ada ilmunya. Gak mau kan??????

Kata-kata yang paling ku ingat dari beliau adalah, “orang yang berpendidikan tinggi belum tentu hidupnya akan terjamin atau bahagia, tapi dengan berpendidikan kita akan memiliki banyak pilihan dalam menjalankan kehidupan ini.”

Serpong, 1 March 2012 07.11 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s